Jumat, 05 Januari 2018

Dukung Pesantren Mahasiswa Dai Cetak Mahasiswa Unggul Berprestasi

JAKARTA - Tentu tak sedikit pemuda khususnya mahasiswa muslim yang ingin mendalam dan mempelajari agamanya dengan baik. Namun, banyak yang tak kesampaian karena merasa tak memiliki cukup waktu atau lingkungan yang kurang mendukung.

Guna memenuhi harapan kebutuhan mahasiswa dalam pendidikan dan penguatan ajaran agama, kini telah hadir Pesantren Mahasiswa Dai (PESMADAI) sebagai wadah bagi mahasiswa untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas diri.

Syabab Hidayatullah sebagai penggagas Pesantren Mahasiswa Dai berkomitmen untuk terus menggalakkan pendidikan dan dakwah dalam rangka memajukan umat dan bangsa tercinta.

Pendidikan diutamakan dalam rangka mencetak generasi muda bangsa yang berkualitas secara intelektual, spiritual dan emosional. Sedang dakwah dihidupkan sebagai gerakan pembinaan bagi masyarakat yang membutuhkan.

Syabab Hidayatullah berupaya selalu mendorong menggencarkan gerakan memakmurkan masjid, mengkaji al-Qur’an, sambil membuktikan bahwa mereka yang aktif di masjid adalah orang-orang yang selalu siap membantu lingkungan dan membangun bangsa.

Para peserta Pesantren Mahasiwa Dai akan diantar dengan bimbingan penambahan ilmu dan wawasan keislaman berupa kajian diniyah, kemandirian, serta jiwa kepemimpinan (leadership) dan kerelaan berkorban untuk sesama.

Melahirkan Dai Sarjana adalah dambaan kita semua dimana dai sarjana sarat dengan kemampuan agama yang memadai ditopang kemampuan intelektual yang mumpuni sehingga dalam kiprah ia akan semakin banyak memberikan kemanfaatan kepada masyarkat dan bangsa Indonesia secara luas.

Dengan lahirnya generasi muda yang memiliki disiplin ilmu ditopang dengan kecakapan agama sebagai basis moral dalam praktik kehidupan keseharian, maka menyongsong Indonesia sebagai pusat peradaban Islam dunia betul-betul akan menjadi kenyataan.

Kini Pesmadai telah menyelenggarakan program pendidikan intensif selama 2 tahun di Ciputat dan Margonda Depok. Rumah Pesmadai di Ciputat diisi oleh 25 orang peserta dan Rumah Pesmadai Margonda 20. Sebelumnya, Pesmadai telah mengawali kiprahnya degan pendirian Rumah Pesmada di Jakarta Selatan. Tersebab keterbatasan ruang inilah, sehingga sementara ini pengelola Pesmadai terpaksa harus membatasi jumlah peserta.

Tidak saja output yang dihasilkan Pesmadai diharapkan bisa menghafal Al Qur'an minimal 6 Juz selama 2 tahun, mahasiswa peserta Pesmadai juga memiliki karakter luhur sebagai seorang muslim yang unggul, memiliki kemampuan tahsin bersanad, hafal Hadits Arbain, menguasai terjemah Al Quran juz 1-3, menguasai teori dan praktek tajwid, berahklak mulia, berjiwa entrepreneur, memiliki kemandirian ekonomi, dan memiliki kecakapan leadership.

Pesmadai ingin mencetak generasi muda muslim yang unggul berprestasi tidak saja di bidang akademik science, teknologi, atau ilmu dunia lainnya sebagaimana bidang studi yang digeluti di kampus, melainkan juga memiliki kecakapan ilmu agama sehingga tak perlu ada ada lagi dikotomi antara ilmu agama dan ilmu umum.

Dengan adanya islamisasi ilmu pengetahuan semacam ini yang menyatukan ilmu keduniaan dengan keislaman, maka insya Allah, kelak akan mengantar bangsa ini menjadi pusat peradaban Islam dunia yang membanggakan.

Namun, usaha mulia ini tidaklah sederhana. Kesungguhan perlu ditopang dengan pemenuhan banyak perangkat pendukung yang dibutuhkan guna suksesnya penyelenggaraan program keummatan ini. Dukungan Anda, sekecil apapun itu, sunggguhlah sangat berarti.

Karenannya, kami mengajak kepada segenap elemen masyarakat dan simpul-simpul umat tak terkecuali pemerintah juga institusi swasta lainnya, untuk mendukung Pesantren Mahasiswa Dai.

Semoga jerih payah dan sumbangsih donasi yang Anda berikan dicatat di sisi Allah Ta'aala sebagai amal jariyah yang pahalanya terus mengalir sampai kapanpun yang kelak mendapatkan anugerah balasan kebaikan di dunia maupun di akhirat, Aamiin.

“Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik”. (QS. al-A’raf : 56)

“Tidak ada balasan kebaikan kecuali kebaikan (pula).” (QS. Ar Rahman : 60)

“Orang-orang yang berbuat baik di dunia ini mendapat (pembalasan) yang baik.” (QS. An-Nahl : 30)  
 
Copyright © 2017 Pemuda.org